Sunday, July 18, 2010

Proses Pembuatan Kabel


Teman, apakah diantara kalian ada yang tidak menggunakan listrik? Kalaupun ada mungkin hanya sebagian kecil orang Indonesia yang belum menggunakan listrik. Semoga semua orang Indonesia mendapatkan listrik. Tetapi kalau di ingat - ingat PLN kita banyak hutangnya juga :). Terus sekarang kita jadi ingat juga, Indonesia ini apakah dibangun dengan Hutang??

He3 BTW, ini kalo diterusin bisa ngomongin politik neh. Langsung aja, listrik yang kalian gunakan tentunya dialirkan menggunakan penghantar. Yang mengalirkan listrik dari pembangkit menuju pengguna (kita2 nih). Jadi kebayang, bisa gk listrik dialirkan secara wireless (mimpi kali yee)??

Lanjut nih, langsung aja saya ingin memberikan (sharing) tentang proses pembuatan kabel yang kita gunakan selama ini.

Proses pembuatan kabel :
1. Drawing
Proses drawing adalah proses memperkecil ukuran raw material (copper rod atau aluminium rod).

2. Stranding
Proses stranding adalah proses menggabungkan beberapa penghantar. Proses ini dilakukan untuk kabel yang berukuran besar atau kabel ukuran kecil jenis serabut.

3. Insulation
Proses insulation adalah proses memberikan bahan isolasi pada penghantar. Jenis plastik yang umum digunakan pada kabel adalah PVC dan XLPE. Untuk memberikan bahan isolasi ini menggunakan mesin extruder.

4. Screening
Screening merupakan proses yang memasangkan bahan pelindung (tetapi bukan jenis baja) pada suatu kabel jenis tertentu.

5. Cabling
Proses cablin adalah proses menggabungkan beberapa kabel (penghantar yang sudah ada isolasinya).

6. Inner Sheating
Proses outer sheating merupakan proses memberikan isolasi dalam pada kabel jenis tertentu. Proses ini sama seperti proses insulation.

7. Armouring
Proses armouring merupakan proses pemberian pelindung berupa kawat baja pipih atau bulat. Proses ini dilakukan untuk kabel jenis tertentu yang nantinya membutuhkan perlindungan ekstra.

8. Outer Sheating
Proses outer sheating merupakan proses memberikan isolasi luar pada kabel jenis tertentu. Proses ini sama seperti proses insulation.

Gambaran ke delapan proses diatas adalah proses yang dilakukan untuk sebuah kabel yang digunakan pada aplikasi sangat kompleks, ekstrim dan membutuhkan ekstra proteksi. Kalau kabel yang biasa dipake rumah tangga (NYA, NYM, NYY) cukup maksimal 5 Proses saja yaitu Drawing, Stranding, Insulation, Cabling, Outer Sheating.

3 comments: